Keindahan Pantai Ciputih & Pulau Mangir, Ujung Kulon


Tamasya Hore Trip to Ciputih, Ujung Kulon.

Awalnya cuma karena obrolan iseng iseng belaka pas Coffee Break dikantor. Karna anak anak pada bosen sama hiruk pikuk Kota Jakarta dan kebetulan banget tanggal 1 Mei itu hari libur nasional pas di Jumat pulak yekan! Berangkatlah kita ke Pantai Ciputih, Ujung Kulon.

Kebetulan banget di timeline path ada yang nge-share tentang keindahan alam Banten yang satu ini. Mereka bilang pantai disini bagus banget dan masih jarang disambangi pengunjung alias sepi!

Penasaran lah kita langsung aja cuma seminggu persiapan berangkatlah 17 orang. Tepat pukul 02.00 dini hari kita berangkat dari Tendean menuju Ciputih. Dapet info perjalanan bakal makan waktu sekitar 8 Jam kurang lebih. Dengan medan yang gak rekomen buat sedan. Beruntung kita kesana pake Innova, Kijang memang tiada duanya #halah. Berhubung perjalanan yang kita ambil itu pagi pagi dan sepi, Sampai di pertigaan Tanjung Lesung (kalau dari arah Jakarta, lurus Tanjung Lesung kiri Sumur) kurang lebih sekitar jam 05.00 dan dari situ masih sekitar satu atau dua jam untuk sampai ke Villa yang kami sewa. Gila aja jalanan nya dengan pemandangan sekeliling nya yang masih asri, sejuk dan dingin! Gak kerasa medan jelek juga.

Tim Tamasya Hore

Sampai di Villa yang kita sewa namanya De One Red House Beach Villa sekitar pukul 07.00 bener aja dong ya perjalanan nya kita tempuh itu delapan jam aja. Ga berasa pegelnya karna kebayar sama keindahan alam yang udah tersedia disana. Belum lagi, pas kita sampai di De One Red House Beach Villa sudah disediakan hidangan penyambut semacam makanan ringan dan minuman yang menyegarkan diri. Villa nya ini aselik, keren bingits! Pokoknya kalau mau ke Ciputih sini, Villa ini yang jelas rekomen banget sih kalo versi gw. Selain harganya murah, penjaga Villa ini juga asik banget. Namanya Pak Bambang dia bener bener ngejamu kita dengan sangat sangat  baik sekali! Salute buat Pak Bambang dan Istri yang selalu melayani kita ber Tujuh Belas untuk menghabiskan liburan kami di Pantai Ciputih ini.

Pantai Ciputih
Pantai Ciputih

Pantai Ciputih

Setelah sampai di Viilla, kami langsung melongok keindahan Pantai Ciputih ini yang bener aja dong ya SEPI! Wah senengnya bukan main! Serasa pantai milik sendiri!!! Pantai nya bersih, sesuai dengan nama Pantainya yaitu Ciputih yang pasirnya putih dan airnya pun jernih! Ombaknya yang adem dan ga terlalu besar bikin kita jatuh cinta sama pantai yang satu ini. Terdapat juga sih beberapa pantai yang banyak batu karangnya, cuma tenang aja pantainya ini agak lumayan panjang dan kalopun mau main air disini ga perlu khawatir deh.

Tim Tamasya Hore habisin sore sembari nunggu sunset disini. Sayangnya berhubung cuaca rada CAKUNG! eh mendung! Jadi sunsetnya malu malu deh. Gak seindah sunset dimatamu #halah. Di Pantai ini kita juga disediakan kano buat wisatawan yang mau kanoing menyusuri pantai yang adem ini. Serius men, ini pantai pas sore pun ombaknya gak gede! Sampe puas kita main air disini. Ada yang berenang lah, foto foto lah, kesengat ubur ubur lah (ini sih gw banget, untungnya ga sampe parah parah amat kesengat nya) serius mending kesengat bibirmu deh mbak, ketimbang kesengat bibir ubur ubur #halahlagi.

Terdampar di Pulau Mangir
Malam hari pun menjelang, waktunya untuk pulang TIDUR!!! Setelah kenyang bakar bakaran ngantuk pun datang, YAK! kita harus bangun pagi karna besok pagi (Sabtu, 2 Mei 2015) Tim Tamasya Hore mau nyebrang ke Pulau Mangir! Horaaaaaaayyyy…

Kita sewa perahu alias ting-ting (sebutan dari Bu Bambang) tapi gak pake Ayu! untuk menuju Pulau Mangir. Waktu tempuh dari Pantai Ciputih sekitar 15 Menit saja. Setibanya disana, GOKILS MEN!!! Itu pulaunya bener bener dan sama sekali ga ada penghuni! Serasa Pulau Milik Sendiri! Pulau ini kurang lebih luasnya sebesar GBK, karna gw berdua temen iseng aja gitu ya nyusurin Pulau ini. Sayangnya, pantai yang ada di Pulau Mangir ini cuma satu, sisanya yang ada dibalik pulaunya banyak batu batu karang. Mana pas kita kesan ada aja kapal nelayan setempat yang karammm, KAPAL MIRING KAPTEN!!! lumayan lah jadinya bikin kita ada tempat buat neduh untuk menghindari teriknya matahari pagi hari. Sebenernya ada satu pulau lagi, namanya Pulau Oar coba aja gugeling deh itu gak kalah bagus sama Pulau Mangir ini, cuma sayangnya kapal yang kita sewa rutenya emang cuma kesini jadi kita ga sempet melipir ke Pulau Oar deh.

Pulau Mangir
Dan tibalah kita untuk bersiap siap pulang kembali menuju Ibu kota tercinta dan kejam pula, Jakarta. Eits, sebelumnya pas kita lagi pada beberes packing pulang tiba tiba aja ada bule dari Prancis (bukan prapatan ciamis lho!) yang singgah di sawung villa. Namanya Mark dan Ello (noh mereka nongol di pojok kiri foto header), pasangan bule ini udah tiga minggu ada di Banten cuma buat explore keindahan alam disini aja. Iseng isenglah gw ajak mereka ngobrol dan cari tahu juga kenapa seneng ke Indonesia. Mereka udah tiga kali mampir ke Indonesia, kunjungan pertama dan kedua mereka fokus di Bali dan Lombok aja. Nah yang ketiga ini mereka nyobain Banten karena penasaran kan disana ada Ujung Kulon. Mereka pun bilang kalau Pantai Ciputih ini ga kalah sama pantai pantai yang ada di Indonesia lain nya (ya paling sih gak kalah sama Bali dan Lombok kan mereka cuma baru kesana doang yang laen nya belom) setelah mereka selesai makan siang, lanjut lagi ternyata mau terus ke Taman Nasional Ujung Kulon, wah gokils lah mereka. Lah gw aja belum nyampe kesana masak mereka duluan sik, ah ga asik ah…

Ya palingan gitu aja sih cerita Tamasya Hore nya gw dan temen temen kantor yang emang dasarnya orang orang gila yang suka jalan jalan entah pergi kemana tujuan nya, kitamah kemana angin berhembus ajalah ya. So, tungguin ya Tamasya Hore berikutnya, next sih rencananya mau Tamasya ke Gunung, karna kan Pantai nya udah, tapi masa iya naik Gunung terus, naik pelaminan nya kapan??? #pelaminan2015